Jelajah
IMG-LOGO

KKN UNY BERSAMA PEMERINTAH DESA MERTOYUDAN GELAR PELATIHAN ILMU TEKNOLOGI (IT) KEPADA GURU-GURU TK S

Create By 30 November 2020 14 Views

KKN UNY BERSAMA PEMERINTAH DESA MERTOYUDAN GELAR PELATIHAN ILMU TEKNOLOGI (IT) KEPADA GURU-GURU TK SE-DESA MERTOYUDAN

 

PENDIDIKAN ADALAH INVESTASI PERADABAN. Kata itulah yang mendasari KKN-UNY Desa Mertoyudan 2020 untuk menolong para guru menggunakan teknologi sebagai cara mengajar dan melakukan aktivitas pendidikan. KKN-UNY Desa Mertoyudan yang terdiri dari Pina Dhea Tafana (FIS), Hartono Aji, Duhita Rizki Darmawan, Martha Widhy Tri Mahanani (FT), Aji, dan Yovita (FBS) melaksanakan program kerja sesuai dengan kondisi yang diperlukan di bidang pendidikan yaitu menggelar Pelatihan Ilmu Teknologi (IT) kepada Guru-Guru TK se-Desa Mertoyudan (12-13 Agustus 2020). Program kerja Mahasiswa KKN-UNY 2020 direspon positif oleh pemerintah Desa Mertoyudan. Bahkan di dukung penuh dalam pelaksanaannya.

Sejak bulan Maret 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menghimbau seluruh jenjang pendidikan untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau biasa disebut juga dengan pembelajaran daring (online) sebagai respon terdeteksinya persebaran Virus Korona (coronavirus deasea syndrome/ COVID-19). Persebaran virus korona semakin membabi buta yang informasinya bisa kita akses di laman covid19.go.id membuat pelaksanaan pembelajaran dengan sangat terpaksa dilakukan secara daring dan diperpanjang entah kapan akan berakhir.

Pengalihan pembelajaran dari yang semula luring (offline) menjadi daring (online) menuai berbagai masalah, khususnya terkait pengoperasian teknologi di sector pendidikan, dimana masih banyak guru yang belum optmal menggunakan teknologi untuk aktivitas pendidikan. Atas hal itulah KKN-UNY Desa Mertoyudan dan Pemerintah Desa Mertoyudan melaksanakan program pelatihan. Program Pelatihan dihadiri oleh Guru TK Pertiwi 1, Pertiwi 2, dan Pertiwi 3 dilaksanakan  dengan hikmat dan para guru peserta pelatihan juga antusias.